Ciro

Cinta Bikin Pelatih Ini Tolak Uang

Kontrak yang diputus di tengah jalan bikin Abelardo Fernandez mestinya dapat uang kompensasi Rp 57 miliar dari klub. Ia menolak atas dasar cinta dan rasa setia.

Pekan ini Abelardo diberhentikan dari posisinya sebagai pelatih Sporting Gijon, setelah rangkaian hasil buruk yang membuat klub itu terpuruk di posisi 18 klasemen La Liga.

Keputusan itu sendiri disebut sebagai keputusan bersama antara kedua pihak. Tapi tetap saja Abelardo mestinya berhak dapat kompensasi karena kontraknya, yang tersisa 3,5 tahun lagi, diputus di tengah jalan.

Nilai kompensasi tersebut kabarnya juga lumayan besar. Sekitar 4 juta euro, atau kira-kira Rp 57 miliar, dalam taksiran FoxSports.com. Namun, Abelardo menolak kompensasi itu.

“Saya ikut bersedih dengan orang-orang di sini, bersama klub dan para suporter, yang sangat saya sayangi,” kata Abelardo, yang lahir di Gijon 46 tahun lalu dan juga pernah main untuk Sporting Gijon.

“Sebagai suporter Sporting, walaupun punya kontrak sampai 2020 saya tak bisa menerima hal itu (kompensasi) dari klub yang saya cintai. Saya melakukan hal serupa dengan klub-klub lain dan tak berencana melakukan hal beda di sini.

“Saya tidak punya masalah mencoret faktor uangnya. Ada hal-hal yang lebih penting, kesetiaan dengan klub saya ada di atas segalanya,” tuturnya.