City

City Keluarkan Rp 2,8 M untuk Dapatkan Bek 13 Tahun

Manchester City mengalahkan beberapa pesaing sesama klub Premier League untuk mendapatkan Finley Burns. Bek 13 tahun itu diangkut ke akademi City dengan harga 175 ribu poundsterling.

Dikutip dari DailyMail, City mengalahkan Arsenal, Chelsea, dan Liverpool dalam upayanya mendapatkan Burns. Untuk membeli bek yang disebut-sebut sangat potensial tersebut City harus membayar 175.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,8 miliar. Angka tersebut bisa bertambah menjadi 250.000 poundsterling.

Meski baru berusia 13 tahun Finley Burns tampil impresif bersama klubnya, Southend United. Belum lama ini dia dapat promosi untuk bermain di level U-16. Dari situlah dia mulai jadi perhatian klub-klub Premier League.

Disebutkan kalau fee 175.000 poundsterling merupakan rekor untuk pemain yang baru berumur 13 tahun. Tapi City tak ragu membelanjakan uang tersebut karena terkait upaya mereka membentuk akademi yang kuat dan memupuk pemain homeground untuk nantinya dipromosikan ke skuat utama.

Finley Burns dan keluarganya tertarik pada City karena klub tersebut memiliki akademi sepakbola dengan fasilitas paling mutakhir di Inggris.

“Ada empat atau lima klub Premier League yang mengejar Finley, dan pada akhirnya sangat sulit untuk mempertahankan seorang bocah saat itu semua sudah terjadi,” ucap kepala pelatih tim muda Southend United, Ricky Duncan.

Tim muda City bukan sekadar kuat dalam keuangan, karena di atas lapangan mereka juga punya penampilan sangat baik. Pada awal musim ini City U-18 mengalahkan Liverpool U-18 dengan skor 7-0. Sementara tim U-15-nya mengalahkan MU U-15 dengan 9-0.